Signifikansi Kehadiran

Beberapa Sekolah Tinggi Teologi sudah berdiri di pertiwi ini, semuanya merupakan bentuk lawatan dan kasih Tuhan atas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kehadiran STT Skriptura tidak bermaksud untuk menambah panjang deretan nama Sekolah Tinggi Teologi yang telah ada tersebut, seolah-olah jumlah tersebut belumlah cukup.  Namun, STT Skriptura hadir dengan orientasi segar yaitu pemberdayaan umat.  Karenanya, STT Skriptura ada untuk memenuhi dua dimensi khusus yaitu kesadaran akan urgensi Firman Allah bagi umat serta upaya memperlengkapi hamba-hamba Tuhan dengan ketrampilan yang holistic.  Dengan demikian, STT Skriptura bermitra dengan gereja menjadi kawan sekerja Allah dalam melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus (Mat. 28:18-20).

STT Skriptura memulai tugas pentingnya dari kota Depok, salah satu kota dari propinsi Jawa Barat.  Kota Depok dipilih oleh karena beberapa pertimbangan umum yang strategis, yaitu:

Nilai Historisitas: Nama Depok merupakan singkatan dari de Eerste Protestante Organisatie van Chistenen, dimana kala itu Cornelis Chastelein menjadi tuan tanahnya serta mendirikan pemerintahan yang mandiri dari otoritas Hindia Belanda.  Daerah Depok kemudian oleh pemerintah Hindia Belanda menjadi het Gemeente Bsertuur van het Particuliere Land, sebagai pengakuan atas otoritas Cornelis Chastelein di daerah Depok. Barulah pada masa kemerdekaan Indonesia, Depok menjadi salah satu kecamatan di wilayah kabupaten Bogor.  Sejak dari masa Cornelis Chastelein (hingga saat ini), Depok telah menjadi daerah yang kondusif bagi perkembangan protestan di Indonesia.  Oleh karena itu, STT Skriptura hadir untuk ikut menumbuhkan iklim yang kondusif bagi perkembangan kekristenan di Indonesia.

Nilai Intelektualitas: Telah berdiri beberapa Universitas dan lembaga pendidikan yang ternama di Kota Depok, yang mampu memperlihatkan eksistensinya baik di Indonesia maupun tingkat International.  Melaluinya, iklim belajar sudah menjadi bagian integral dari masyarakat kota Depok.  Hadirnya STT Skriptura tentu saja membawa iklim yang sama terutama dalam hal pendidikan tinggi teologi yang bersifat biblika, imani serta ilmiah.

Nilai Futuristic: Pendidikan tinggi sudah tentu menjadi aset yang berharga bukan saja bagi Pemda Depok, namun juga bagi seluruh masyarakat kota Depok dan sekitarnya.  Dengan demikian, kehadiran STT Skriptura nantinya akan menjadi kekuatan ‘penyeimbang’ antara nilai-nilai ketaqwaan dan keilmuan.

Namun demikian, pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas bukanlah alasan utama hadirnya STT Skriptura, sebab anugerah Tuhan sajalah yang menjadi indikator hadir dan berperannya STT Skriptura melayani gereja Tuhan di Indonesia. Untuk mencapainya, sangat penting bagi kami untuk memberi pemahaman yang benar akan makna gereja sebagai Tubuh Kristus, yang sekaligus memiliki substansi ganda yaitu visible dan invisible; organism  dan organisasi.

Substansi berganda tersebut menyebabkan STT Skriptura tidak saja hanya berpikir secara serius mengenai aspek penyiapan calon pemimpin gereja dan lembaga kristiani lainnya (pendeta, penginjil, guru injil, guru agama dan lain sebagainya), tetapi juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi warga gereja (biasanya di salah mengerti sebagai kelompok awam) untuk mendalami imannya melalui pendidikan tinggi teologi.  Dengan demikian, sesungguhnya STT Skriptura sedang berorientasi pada prinsip-prinsip penanaman, penguatan dan pemberdayaan gereja-gereja Tuhan di Indonesia.

Guna memenuhi prinsip-prinsip tersebut di atas, STT Skriptura concern pada proses pembentukan yang benar bagi seluruh peserta didiknya dengan meliputi beberapa karakteristik:

  • Imani: Pembentukan pribadi yang menggantungkan sepenuh hidupnya kepada Allah dalam pekerjaan pelayanan dan kebutuhan hidup sehari-hari.

 

  • Injili: Pembentukan pribadi yang menjunjung tinggi otoritas Alkitab sebagai Firman Allah dalam format teologi reformed yang injili, serta memiliki komitmen yang kuat dalam pemberitaan Injil dan pembangunan Tubuh Kristus.

 

  • Integratif: Pembentukan pribadi yang bukan saja mampu memahami teologi yang sehat secara mendalam, tetapi juga mampu memanfaatkan sumbangsih dari berbagai disiplin ilmu, serta mampu mengintegrasikan keduanya secara bijak dan proporsional demi kepentingan propaganda dan pengkomunikasian nilai-nilai kebenaran

 

  • Integritas: Pembentukan pribadi yang dapat dipercaya karena kesalehan dan keteladanan hidup dalam kebenaran dan keadilan yang berdasar kasih Kristus.

 

  • Interdenominasi: Pembentukan pribadi yang mampu bekerjasama dengan berbagai latar belakang denominasi gereja menurut prinsip-prinsip yang Alkitabiah (cooperation without compromise)

 

Calvin menulis: “Omnis recta cognition Dei ad obedientia nascitur” (the true knowledge of God is born of obedience).  Prinsip tersebut akan diupayakan secara sungguh-sungguh oleh STT Skriptura kepada setiap anda yang bergabung di dalamnya.  Berat memang, namun dengan menyadari dan memahami panggilan anda secara serius melalui respon yang benar, maka anda akan dimampukan untuk melawatinya, sebab setiap jalan mendaki tujuan akhirnya adalah sisi puncak.  Guna menolong anda mencapai sisi puncak tersebut, STT Skriptura merancang program pendidikannya secara komprehensif pada setiap aspek-aspek berikut ini:

  1. Kognitif: Anda akan dibimbing untuk mendapatkan pengetahuan teologi yang mendalam dan Alkitabiah, melalui para pengajar yang kompeten pada bidangnya masing-masing, berwawasan luas dan integrative.
  2. Afektif: Anda akan dididik untuk dapat menunjukan perubahan sikap dan perilaku, sebagai bukti perpaduan antara pengetahuan Firman Allah dengan diri pribadi anda, sehingga dapat memperlihatkan karakter mulia dari pengikut Kristus
  3. Keterampilan: Melalui berbagai bidang mata kuliah metodologi, anda akan dilatih untuk terampil bukan saja dalam menafsir Alkitab, tetapi juga dalam keperluan pemberitaan dan apologi Kristen yang efektif.

STT Skriptura berupaya eksis memberikan jawaban bagi anda yang datang dengan beragam latar belakang.  Bagi kami, anda adalah sasaran hadirnya STT Skriptura.  Tentu saja hal ini bersesuaian dengan tujuan dasar didirikannya lembaga ini yaitu untuk memperlengkapi umat dengan Firman Allah.  Oleh karenanya, STT Skriptura menawarkan program pendidikannya pada kategori sebagai berikut:

  1. Sarjana Teologi dan Diploma, bagi anda yang memiliki ijasah SMU dan yang sederajat.
  2. Sertifikat, bagi anda yang tidak memiliki ijasah SMU.

STT Skriptura membuka kesempatan secara luas bagi anda untuk diperlengkapi di dalamnya.   Kesempatan untuk menimba ilmu dapat diperoleh melalui perkuliahan pada hari senin hingga jumat, pagi hingga siang hari (08.00 – 15.00) dan atau malam hari (19.00 – 21.00).

 

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: